Pasar di Surabaya

Hallo. Selamat datang, dan selamat membaca blog saya yang masih sepi ini ya. Semoga menarik untuk di baca. Kalau tidak menarik, kasihan Gur-Guru Bahasa Indonesia yang pernah mengajar saya, karena gagal mendidik. Hehe. Apa sih, jadi garing bercandanya.

Jadi sebenarnya hasrat untuk menulis itu selalu ada dan sangat besar. Sayangnya saya malas menyediakan waktu untuk ngetik serius. Dan akhirnya ini setelah mikir-mikir mau nulis apa, saya mau mencoba menulis berdasarkan pengalaman saya setelah lulus kuliah (I avoid using the word "jobless" karena tidak pernah merasa benar-benar jobless).

Sejak Juli 2008 memang saya bertempat tinggal di Sidoarjo. Saat itu saya masih kelas 2 SMA, masih kegiatannya sekolah aja dan cuma bisa mengendarai sepeda motor. Itupun rute nya masih seputar Sidoarjo dan kalaupun ke Surabaya yang tidak jauh dari rumah, paling jauh hanya sampai Royal Plaza! Hahaha. Yaa selain karena keterbatasan waktu, saat itu juga belum jamannya GPS seperti Waze yang kalau mau kemana tinggal tulis dan nanti diberikan komando jalan. Kalau nyasar kan repot..

Setelah lulus SMA juga kuliahnya di Malang. Jadilah saya tidak mengenal mana-mana di Surabaya. Akhirnya setelah lulus kuliah dan kembali ke Sidoarjo, kegiatan saya banyak jalan-jalan mengenal Surabaya. Walaupun sekarang masih belum semua daerah aku jelajahi, tapi pengetahuan Jalan di Surabaya sudah meningkat pesat lah. Kata saya sendiri tapi. Hehehe.

Ada yang paling penting sih, dari kegiatan jalan-jalanku selama ini, yaitu kunjung-kunjung ke berbagai Pasar "Kain" di Surabaya. Kenapa aku Kasih tanda petik di kata kain, karena yang mau saya review adalah tempat saya melihat-lihat kain. Dari yang bener-bener masih kain, sampai yang sudah berbentuk baju, kerudung, dan lain sebagainya. Tapi ngga hanya kain aja sih yang akan saya bahas.

Disini saya akan menuliskan menurut pendapat saya saja, dan ini tentunya ngga mutlak benar. Hanya ingin sedikit sharing karena saya rasa tulisan mengenai perbandingan Pasar-Pasar pusat "Kain" di Surabaya masih sangat minim. Kebetulan karena sudah 1 tahunan ini punya bisnis Toko Baju, jadi sekalian aja sharing.

1. Darmo Trade Center (DTC), Wonokromo, Surabaya

Lokasinya persis di sebrang Stasiun Wonokromo. Setelah Royal Plaza (kalau dari arah Sidoarjo). Pasar ini favorit saya karena tempatnya tertata, parkirannya enak, dan paling deket dari rumah. Memang sih tidak terlalu terkenal, tapi saya sering menemukan barang yang harganya bisa lebih murah disini daripada di tempat lain yang terkenal.

Dari SMA emang sudah berkali-kali kesini. Seringnya sih mencari perlengkapan untuk acara Yasinan di kampung halaman orang tua saya. Seperti keranjang (entah kenapa disebut keranjang, padahal menurut saya itu baskom dengan ukuran yang sedikit lebih kecil) dan tas dari kain untuk membawa keranjang itu.


contohnya seperti ini. sebut saja tas selametan.

Ini terbuat dari kain. Di DTC di jual di lantai bawah. Di bawah area mall nya DTC, di Pasar nya gitu. Pernah iseng cek harga di Pasar Grosir Surabaya (PGS) ternyata masih murah di DTC. Untuk barang yang sama, kualitas sama. Baju pun seperti itu.. di DTC beli eceran bisa, dan harganya pun menurut saya setara dengan harga kalau beli grosir di PGS. Tidak terpaut jauh lah, asal pintar nawar.

Di DTC juga ada beberapa toko yang menjual kain, tapi untuk motif nya sih masih lebih menarik di Jembatan Merah Plaza (JMP). Ada juga tempat menghias seserahan pernikahan atau hantaran lamaran. Aku udah tanya-tanya disana, menurutku kotak-kotaknya sangat terbatas. Tidak ada yang sesuai dengan keinginan.. untuk pilihan kotak hantaran/seserahan PGS juaranya. hihi. Kalau untuk undangan pernikahan, di DTC saya menemukan tempat yang murah. Tapi lupa dimana persisnya. Kalau tidak salah di lantai 3..

Hmm, selain itu mama juga pernah beli sarung dengan jumlah besar untuk souvenir yasinan 1000 hari almarhum kakek. Dulu belum tau Pasar Bong, sih. Jadi taunya disini. Dan kalau untuk jumlah yang tidak benar-benar besar, ke DTC ini cukup lah. Tidak mahal kok..

2. Pasar Grosir Surabaya (PGS) 

Dari namanya saja menarik ya. Kesannya kalau grosir pasti murah.. tapi sayangnya, disini harus benar-benar jeli dengan harga. Kadang emang bisa dapat murah, tapi kadang juga dapet dengan harga yang sebenarnya sama aja dengan eceran. Untuk harga baju disini jarang banget bisa ditawar. Disini yang menarik souvenir pernikahan dan kotak hantaran atau seserahannya. Bagus bagus!

Selain itu di PGS ini ada salah satu toko dari beberapa toko yang menjual display untuk toko yang harganya murah. Namanya apa saya lupa. Dekat dengan Food Court dan dekat deretan Bank. Ini satu-satunya tempat yang menjual display toko di lantai yg ada foodcourt nya. Bagi yang mau beli display toko, cobain deh kesitu. Nanya nanya di tempat lain juga tapi yaa sebelum membeli.

Untuk kenyamanan belanja di PGS, tempat belanjanya sih oke. Food court oke. Pilihan baju atau barang oke. Harga biasa saja, tidak se-menarik namanya. Parkiran yang sering penuh, sampai baru dapet parkir di rooftop. Tapi tetep aja enak sih, parkiran mobil nya rapi.

Saya tidak akan mereview tentang Pasar Turi di kolom tersendiri. Pernah 2 kali mampir ke Pasar Turi Baru sekalian habis dari PGS. Karena kan tinggal nyebrang aja. Sekitar akhir tahun kemaren sayangnya masih sepi banget gedungnya.

3. Jembatan Merah Plaza (JMP)

JMP ini isinya ada baju yang sudah jadi, dan juga jual kain meteran. Setau saya, orang banyak ke JMP karena mencari baju yang sudah jadi untuk haji/umroh dan juga mencari kain untuk kebaya, batik, jas, dan lain sebagainya. Perempuan kalau sudah lihat kain rasanya berada di surga dunia. hehehe.

Setelah muter-muter, saya sreg di salah satu toko kain namanya kalau tidak salah Chandra Jaya. Menurut saya disana harganya murah, koleksi kainnya cukup bagus. Pernah waktu sudah  beli kain untuk kebaya dan lagi nemenin mama beli hijab, ada orang yang nanya kain kebaya saya berapa harganya. Waktu itu saya beli permeter Rp 57.500. Orang yang nanya tadi sampe getun (bahasa jawanya nyesel) karena dia beli kain lebih jelek dan harganya permeter Rp 100.000.

Saya sih kalau cuma beli kain-kain biasa lebih suka ke toko Lambang Jaya atau Mutiara di Jalan Gajah Mada di Sidoarjo. Harganya murah kok disana. Tapi memang kalau mau cari untuk kebaya yang bagus, kain kain batik yang menarik, saya tetep akan ke JMP karena pilihannya banyak.

4. Pasar Bong atau Slompretan

Letak Pasar Bong ini di Jalan Slompretan. Di kawasan yang jual kain gulungan. Deket dari JMP. Jangan berharap menemukan bangunan pasar gitu ya, tempat ini berada di gang kecil gitu. Kalau masuk Jalan slompretan (Kalau ngga tau, pake GPS aja kesininya ya, di jaman yg sudah canggih ini smartphone kita kan bisa untuk GPS), ada per 3an nah pasar nya itu ada di sebelah kanan jalan. Untuk parkiran mobil, cari aja di sepanjang jalan itu kalau ada yang kosong ya parkir. Kalau ngga, jalan terus aja di setelah Bank BCA ada kawasan parkir yang sering penuh juga sebenarnya.

Orang biasanya ke Pasar Bong ini untuk membeli oleh-oleh Haji atau Umroh. Ada sajadah, mukena, sorban, kerudung, air zam zam kemasan, kacang-kacangan arab, kurma, dan lumayan banyak juga yang jual kain batik disini. Saya punya toko langganan yang harganya menurut saya paling murah. Kalau masuk di Pasar ini jalan lurus aja. Nanti setelah ada jalan yang agak naikan gitu, tokonya di kiri jalan, Bisa bayar debet juga disitu..

Oh iya, kalau belanja di Pasar ini dan sudah milih-milih barang dari contohnya yg diberikan, jangan tertarik dari motif ya. Karena nantinya barang yang diberikan kepada pembeli, yang sama dengan contoh barangnya hanya kualitasnya saja. Motifnya bisa jauuuuh berbeda. Kalau beruntung sih masih dapet sebagian yang mirip dengan contoh. Tapi yaa jangan terlalu berharap. Yang jelas yang anda beli adalah kualitasnya..

5. Pasar Kapasan Baru

Baru beberapa waktu yang lalu (nekat) kesini. Awalnya sih penasaran, karena ini tempat cukup terkenal kan untuk kulakan. Walaupun tidak tahu jalan, tapi pake Waze dong kesininya. Dan nyampe! hahaha. Ternyata masih tidak jauh dari Pasar Bong. Tapi ampun deh nyari pintu masuk parkir gedung nya susah banget. Dan parkiran mobilnya, ampun berantakan banget. Satu jalan sama motor. Banyak motor yang melawan arus di jalan yang sempit. Jalan untuk naik ke lantai atasnya spiral, udah gitu ada mobil yang bahkan parkir di jalan spiral itu. Bukan itu aja, parkirannya juga susah. Silahkan dibayangin aja bagaimana ngga nyamannya parkir di tempat seperti itu. Agak was-was juga sih sebenarnya kesana cuma berdua sama mama.

Pasarnya ituuuu.. walaupun namanya ada embel embel baru, tapi gedungnya udah kuno banget. Hal yang melegakan dari Pasar Kapasan Baru ini adalah emang harga baju jadi nya yang murah. Kerudung juga murah. Jadi ngga terlalu kapok mau kesini. Tapi mungkin enak naik motor ya kesininya. Walaupun harus menerjang teriknya Surabaya.

Di luar Pasar Kapasan Baru ini berderet toko kain gulungan. Mau lihat-lihat tapi kok susah parkirnya. Jadi next time kalau ada waktu mau coba liat-liat kain gulungannya.

6. ITC Surabaya

Kalau dari tadi saya hampir semua membahas tempat penjualan baju yang grosir, nah di ITC ini surganya anak muda. Baju nya ngga grosir, dan modelnya lebih up to date. Parkirannya nyaman, mall nya nyaman, food court nya juga oke. Jadi, kalau cuma sekedar pengen belanja baju buat dipakai sendiri, ke ITC aja.

Saya ngga akan ngebahas Pasar Atum, karena menurut saya di Pasar Atum mahal. Herannya sih kok orang banyak yang senang kesana ya. Ini pada ngga nyadar kalau harga di Pasar Atum lebih mahal apa gimana yaa. Atau saya nya aja yang aneh. Tapi semua kembali ke selera masing-masing yaa..


Review nya sampai disini dulu ya. Semoga bermanfaat bagi yang baru di Surabaya :)

10 comments:

Unknown said...

pasar bong sama pasar disekitar masjid ampel itu beda ngga ya??

Unknown said...

Kalo beli kain spunbond untuk tas selamatan dimana mbak yg banyak pilihan motifx?

Unknown said...

Di PGS gak ada toko kain ya kak?

sakinah muhimmah said...

mbak ada rekomendasi toko yg murah bagus di dtc dan itc?

Unknown said...

Atum mehong benar kok..anyway makaciiih sgt membantu

Unknown said...

Di keramat gantung

Laksvina said...

Hai mb..makasi infonya bermanfaat bgt.. Nama toko yg di pasar bong ap y klo boleh tau..

Anonymous said...

Terimakasih mbk sangat mbantu sekali..

Anonymous said...

Terimakasih mbk sangat mbantu sekali..

Anonymous said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment