55 days has past

Judulnya udah jelas. 55 hari sudah berlalu sejak Mas Bagus meninggal. Jujur aja sih masih ada rasa ngga percaya atas kepergiannya. Bukannya ngga ikhlas. Tapi ngga gampang menyadari saudara kandungku satu-satunya sekarang sudah kembali ke pemiliknya, Allah SWT.

Berat banget rasanya menerima kenyataan. Tapi life must go on. Segala sesuatu di dunia ini milik-Nya, maka saat diminta kembali oleh-Nya kapanpun itu kita harus siap. Termasuk jika suatu saat, cepat atau lambat, yang Allah minta adalah diri kita sendiri :)

4 Januari 2012 Bapak pulang dinas dari Singapore. Pulang-pulang ngeliat Mas Bagus lemes aja bawaannya, langsung dibawa ke UGD Rumah Sakit Mitra Keluarga di Waru. Langsung cek darah, dan langsung divonis gagal ginjal stadium 5. Mama sama Bapak waktu itu ngga langsung bilang aku. Karena saat itu aku lagi di Malang sibuk dengan MCC dan lagi Ujian Akhir Semester.

Weekend walaupun masih ada ujian dan masih sibuk MCC, aku paksain untuk pulang. Rasanya ngga tenang banget kakak lagi di Rumah Sakit tapi aku ngga nemenin dia. Dari terminal langsung ke Rumah Sakit. Kondisinya waktu itu masih biasa aja, cuma lemes. Disitu aku berusaha menghibur dia dengan beberapa cerita lucu, supaya dia lupa sama penyakitnya.



* aku sempat curi-curi fotoin dia waktu di RS Mitra Keluarga *

setelah 6 hari, boleh pulang ke rumah. Mama sama Bapak nyoba cari beberapa pengobatan alternatif. Apapun untuk mas, diusahakan. Setelah 2 minggu di rumah, kondisi mas bagus mulai drop lagi. Tiba-tiba di matanya seperti ada sedikit gumpalan darah. Mama dan Bapak langsung telepon Mbak Elly untuk nyariin dokter Ginjal terbaik di Surabaya. Dapetlah nama Prof. Yogiantoro, yang praktek di Rumah Sakit Siloam. Hari itu juga kita langsung kesana, walaupun ngga tau dijalan apa. Mas Bagus waktu itu masih sempat nunjukin jalan juga padahal kondisinya udah lemah banget gitu.

Akhirnya disuruh rawat inap, dan malam itu juga harus langsung cuci darah. Aku, Mama, dan Bapak nunggu di dalam ruangan. Aku salut sama Bapak. Beliau orang yang ngga tahan ngeliat darah. Demi Mas Bagus, 2 jam lebih dia harus tersiksa dengan melihat darah, dan itu darah anaknya sendiri. Lebih salut lagi sama Mas Bagus yang ngga ngeluh kesakitan saat cuci darah. Kata orang yang pernah cuci darah, cuci darah itu sakit banget ..



* fotonya cuci darah pertama kali *

besoknya aku balik ke Malang karena harus persiapan MCC. Selama aku di Malang, Mas Bagus kondisinya mulai ngga stabil lagi. Nyesel banget aku ngga tau karena mama dan bapak ngga ngasi tau, takut pikiranku keganggu. Kata mama, Mas Bagus kadang mulai lupa ingatan dan kekanak-kanakan. Dia sempat nulis surat ke dokter seperti ini :



selain itu juga dia nulis surat minta ijin ke dokter untuk keluar rumah sakit sebentar, mau beli handphone, habis itu balik lagi. Dia minta Samsung Galaxy Note yang katanya biar nanti pas umroh gampang. Udah sore, Bapak buru-buru beli karena ngga tega ngeliat kondisi mas yang ngga stabil. Dan takut nyesel kalau ngga dibeliin, ntar terjadi apa apa.

Besoknya aku pulang dan nengokin dia di Rumah Sakit. Pas aku liat hp nya baru, ku tanyain dia senyum senyum. Keliatan seneng banget. Aku ceritain dia aku besok mau berangkat ke Makassar buat lomba MCC, dan minta doa ke dia. Disitu aku ngeliat kedua orang tuaku semakin kurus, sayu. Miris banget rasanya ngeliat mereka. Tapi aku pendam dalam hati, dan berusaha tegar untuk menguatkan mereka.

Semuanya masih normal aja. Sampai hari kedua aku di Makassar, pas latihan sidang, ada bbm dari dia isinya gini :



entah itu dia sadar atau engga, dia lupa beberapa hari sebelumnya dia yang minta hp itu. Pokoknya selama aku di Makassar kondisinya drop terus. Sempat juga masuk ruang khusus karena dia kejang-kejang. Waktu dikunjungin sodara-sodara juga dia udah kayak anak kecil. Minta dibeliin robot-robotan, dan lain-lain.




Pulang dari Makassar siangnya aku ke Rumah Sakit. Ada hal-hal yang menurutku janggal, tapi aku ngga berani nanya ke Mama. Malemnya suster dateng bawa alat berupa selang yang harus dimasukkin lewat hidung. Mas Bagus meronta-ronta kesakitan saat selang itu dipasang. Kita bertiga (aku, mama, bapak) sebenernya ngga tega, tapi demi kesembuhannya kita bertiga nahan air mata.

Karena meronta ronta, mas bagus tangan dan kakinya diiket. Dia teriak-teriak. Aku takut dan sedih banget waktu itu, tapi ngga tau harus berbuat apa. Sekuat tenaga aku nahan untuk ngga nangis. Kalaupun harus nangis, aku ke Kamar Mandi. Saat diiket kaki dan tangannya pun mas bagus masih bisa nyamber tiang infusnya, dan di jatuhin. Belum pernah sebelumnya aku di kondisi seperti ini.

Lalu, jam 11 malem Mama dan Bapak dipanggil dokter. lama banget. Aku sendirian, aku takut banget karena mas bagus teriaknya semakin menjadi-jadi. Akhirnya aku duduk di depan pintu, sambil berdoa. Sampe akhirnya sekitar jam 1 mama dateng, dan langsung peluk aku. Mama nangis dan bilang,

"Dek, dokter udah angkat tangan. Harapan hidup mas udah kecil banget. Obat yang selama ini dikasi ngga menyembuhkan, hanya mengurangi rasa sakit. Besok kita bawa pulang mas ke rumah ya"

aku nangis. sakit banget rasanya mendengar kabar itu. tapi cepet cepet kuhapus air mataku, buat nenangin mama. Suster masuk dan langsung nyopot alat penyedot air di paru-paru mas. Rasanya sisa malem itu, tidur ngga tenang banget ..

Paginya kita bawa pulang ke rumah. Selama 7 hari di rumah, aku sama mama gantian gantiin dia pampers. Ngelap badannya pake kain lap. Sampe akhirnya di pergantian hari tanggal 14 ke 15, nafasnya berhenti. Tepat setelah hari ulang tahun mama habis.

Aku yang sebenernya ngga tidur malem itu, cuma merem, pas dibangunin mama sama bapak dan dikasi tau keadaannya, rasanya sakit banget. berat banget nerima kenyataan. Sampe saat aku ngeliat sendiri ...

ngga akan pernah ku lupain detail semua cerita ini. pengalaman yang paling menyakitkan yang pernah kualami seumur hidupku ..

tapi dari pengalaman ini, aku belajar banyak.

aku sadar bahwa sehat itu mahal.
aku sadar hidup hanyalah titipan.
aku sadar kita milik Allah. Kapanpun kita diambil, itu berarti kita kembali ke pemilik kita sesungguhnya.
aku belajar tabah.
aku belajar ikhlas.
aku belajar untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Untuk hal yang baik.
aku belajar untuk menyikapi permasalahan dengan dewasa.


masih banyak pelajaran yang aku dapetin, yang secara sadar atau tidak sadar merubah aku. ini semua rahasia Allah :)

Aku hanya bisa berdoa di setiap solatku untukmu, mas. Kamu yang tenang disana ya. Semoga tempat terindah yang kamu dapatkan di sisi-Nya. Terimakasih sudah menjadi kakak yang baik sejak saat pertama aku lahir. Aku bahagia Allah pernah memberiku kakak yang seneng dengan kelahiranku walaupun dalam perjalanan hidup kita, kita sering berantem. Aku yakin berantem kita juga merupakan wujud kasih sayang kita :)



* status blackberry messenger nya terakhir *




* Makamnya *

2 comments:

Unknown said...

Innalillahi wa inna ilaihi Roji'un. Semoga seluruh amal ibadah baik beliau diterima Allah swt dan diberikan tempat yang terbaik.
Turut berduka ya Mba' Dela.
Mas Bagus meninggalkan banyak hikmah bagi yang masih hidup, khususnya saya, yang masih seumuran dengan beliau.
Terimakasih Mba' Dela

Salam saya, Arif Gunawan
www.indonesiatransferfactor.com

sang muhajir said...

Turut berduka cita
Penyakit ginjal ada sebab ada akibat itu smua penyakit seperti itu
Belajar dari pengalaman para pasen yg berobat di tempat sy yg menderita gagal ginjal rata rata tubuh para pasen termasuki dan kelebihan zat kimia aspartamin
Aspartamin ini berupa gula hasil rekayasa biasanya di dapati di softdrink minuman teh dlm kemasan
Minuman beralkhohol minuman pembangkit energy dan minuman serbuk sachet selain itu gaagal ginjal juga di akibatkan dr beberapa obat kimia seperti obat darah tinggi kolesterol dan obat jantung koroner jika berakumulasi jangka panjang ginjal pasti kena
Itu dr pengalaman sy menangani pasien di tempat klinik sy

Jd waspada minuman softdrink yg ada aspartaminnya

Wallohualam bissawaab
Untuk tanya jawab tentang kesehatan gratis silahkan kunjungi
"Pengobatan haji jajang cipanas puncak bogor" di google saja

Post a Comment