Baluran National Park

Banyuwangi, Kabupaten di ujung paling timur Pulau Jawa, sebenarnya bukan tempat yang baru bagiku. Kedua orang tuaku berasal dari Banyuwangi yang punya julukan The Sunrise of Java (katanya sih karena daerah yang pertama kali bisa liat matahari terbit). Sudah puluhan kali kesana, tapi dua minggu yang lalu adalah yang paling berkesan.

Setelah beberapa kali ditunda karena berbagai alasan, akhirnya awal bulan September hari Jum'at malem (Sabtu dini hari sih sebenarnya, baru berangkat jam 1) mulai Banyuwangi Road Trip dengan Mas Bayu, Charles, Kitin, Christina (Itin), dan Arya. Sebenarnya yang bakalan aku ceritain disini tepatnya sih bukan di Banyuwangi. Tapi kita tidurnya di rumah nenekku yang di Banyuwangi. Itu kenapa aku lebih memilih buat nyebutnya Banyuwangi Road Trip.

Pertama yang kita tuju yaitu Taman Nasional Baluran yang ada di Situbondo. Kita semua udah pernah lewat Situbondo. Tapi ngga ada yang perhatiin dimana letak Taman Nasional Baluran sebenarnya. Akhirnya nekat berangkat aja. Karena berangkat malem, jadi jalanan lancar aja. Subuh kita berhenti istirahat sekaligus sholat subuh dulu. Sudah di daerah Situbondo. Setelah itu kita lanjut berangkat, dan sekitar 40menitan kita lihat ada tulisan Taman Nasional Baluran di kiri jalan. Karena waktu itu masih pagi banget, jadi belum di buka kawasannya. Kata penjaganya sih dibuka jam 7 pagi. Jadi kita coba cari sarapan dulu di Pasar yang ngga jauh dari pintu gerbang masuk Taman Nasional Baluran.

Sebagai anak kos sejati, kita ber-enam sih ngga ada yang biasa sarapan. Tapi daripada nanti kalau udah masuk di Taman Nasional Baluran kelaperan dan ngga ada yang jual makan (emang ngga ada sih), yaudah dipaksain aja masukin makanan walaupun sedikit. Udah jam 7 kita akhirnya meluncur ke Taman Nasional Baluran.


Foto dulu kalau lagi road trip :D


Yeay, we are finally here!

Tiket masuknya kalau ngga salah inget sih sekitar 5ribu rupiah aja per-orang. Mobil 10ribu kalau ngga salah inget juga. Hahaha. Jalannya sih sebenarnya ngga jelek-jelek banget. Tapi karena mobilku grand livina, ngga cocok lewat jalan yang kurang bagus, walaupun masih bisa lewat. Overall, Taman Nasional Baluran cantik. Rasanya seperti ngga lagi di Indonesia (lebay dikit)! :)


People think being alone makes you lonely, but I don't think that's true. ;)


In the middle of Baluran National Park, East Java, Indonesia.


"Look deep into nature, and then you will understand everything better."
Albert Einstein 



Mungkin foto-fotonya kurang bagus yaa, karena cuma pake handphone. Kemaren males ngeluarin kamera. Tapi Baluran National Park is worth to visit kok. Segini dulu cerita tentang Baluran National Park, next post mau menceritakan tempat kedua yg kita kunjungi, yaitu Gunung Ijen. Yeay!

0 comments:

Post a Comment